Mengenal Jenis Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Mengenal Jenis Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat – Semua orang tentunya pernah mengalami yang namanya jerawat dan jerawat yang pernah menetap tentunya akan menjadi bekas jerawat yang cukup sulit untuk di hilangkan.

Bekas jerawat membandel mampu membuat frustrasi sebagian besar orang. Tak bisa dimungkiri, mengurangi hiperpigmentasi pada kulit akibat jerawat memang terbilang susah susah gampang. Meski telah menggunakan produk perawatan kulit dengan formula yang diklaim efektif, belum tentu hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Mengenal Jenis Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Kabar baiknya, kini terdapat beberapa bahan aktif yang bisa mengurangi hiperpigmentasi. Bahan-bahan ini biasa ditemukan sebagai formula beberapa produk skincare. Berikut ini kandungan skincare yang bisa kamu pertimbangkan ketika topdrivinglessons memilih produk perawatan kulit.

1. Zinc atau seng
Menjauhi sinar matahari adalah salah satu keharusan bagi orang yang memiliki bekas jerawat. Sebab, UVA dan UVB pada sinar matahari berisiko memperparah hiperpigmentasi pada kulit. Dalam hal ini, penggunaan sunscreen secara rutin amat direkomendasikan.

Dilansir Livestrong, sunscreen berbasis mineral dengan seng oksida bisa dipertimbangkan untuk mengatasi hiperpigmentasi akibat jerawat. Ini termasuk ke dalam jenis physical sunscreen, di mana seng oksida sebagai bahan aktif dapat melindungi lapisan kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan noda hitam dan memperparah bekas jerawat.

2. Vitamin a
Di dalam tubuh, vitamin a berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan. Di samping itu, vitamin a yang terkandung dalam beberapa produk skincare ternyata bisa mengurangi hiperpigmentasi kulit.

Melalui laman Medical News Today dijelaskan bahwa vitamin a dapat mendorong proses regenerasi kulit sehingga sel-sel yang mengalami hiperpigmentasi bisa digantikan dengan sel baru yang sehat. Bentuk vitamin a yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan kulit ialah retinol dan biasanya terdapat pada serum wajah.

3. Vitamin c
Seperti halnya vitamin A, asam askorbat atau yang lebih dikenal dengan vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Sebagai bahan aktif dalam skincare, vitamin C bekerja untuk mengurangi bekas jerawat sehingga warna kulit tampak lebih rata.

Sayangnya vitamin C tak bisa digunakan bersama retinol. Ini lantaran perbedaan pH pada kedua jenis bahan tersebut. Retinol bekerja efektif dalam suasana basa, sedangkan vitamin C memiliki pH yang rendah. Dengan demikian, pemakaian secara bersamaan dapat mengurangi kinerja vitamin C.